PT.Hasfindo Global Utama - Jual Pipa Seamless dan Baut Stainless Steel

Fitting Pipa

Jual Fitting Pipa Kualitas Terbaik, Harga Murah

Fitting Pipa atau Sambungan Pipa adalah salah satu komponen yang paling penting dalam pemipaan yang memiliki fungsi untuk merubah aliran, menyebarkan aliran, membesar atau mengecilkan aliran.  Ada banyak jenis fitting berdasarkan fungsinya.

Jenis Jenis Fitting Pipa / Sambungan Pipa

1. Fitting Ebow
Elbow adalah jenis fitting yang biasa digunakan dalam pemipaan yang berfungsi untuk membelokan arah aliran. Layaknya tikungan kalau kita sedang berada di jalan, tikungan tersebut mau tidak mau membuat kita berbelok arah ketika melaluinya, begitu pula elbow yang bertugas untuk membelokan aliran fluida. Elbow terdiri dari dua jenis yang paling umum yaitu 45 dan 90 derajat. Untuk memperoleh sudut di selain sudut diatas, terkadang elbow tersebut di potong. Atau bisa juga dengan mengunakan dua elbow yang disatukan untuk memperoleh sudut tertentu.

2. Fitting Tee
Tee adalah jenis fitting yang bertugas untuk membagi aliran, adalah koneksi fitting yang memiliki cabang. Biasanya cabangnya ini ukurannya sama dengan ukuran pipa utamanya, kita menyebutnya dengan straight tee. Sedangkan kalau berbeda, kita menyebutnya dengan reducing tee. 

3. Fitting Reducer
Reducer adalahjenis fitting jenis yang bertugas untuk me-reduce (mengurangi) aliran fluida. Mengurangi disini bukan seperti valve, tapi ukuran pipanya saja yang berkurang. Jadi reducer ini akan bertugas untuk mengabungkan dari diameter yang lebih besar ke yang kecil, atau sebaliknya.